Dua Pesan Presiden Jokowi Saat Peresmian Kawasan Marina Labuan Bajo

- Jumat, 22 Juli 2022 | 14:31 WIB
Dua Pesan Presiden Jokowi Saat Peresmian Kawasan Marina Labuan Bajo
Dua Pesan Presiden Jokowi Saat Peresmian Kawasan Marina Labuan Bajo

HALLODESANEWS, Labuan Bajo---Presiden Joko Widodo menitipkan 2 pesan saat meresmikan Penataan Kawasan Waterfront Marina dan Sistem Pengelolaan Sampah Warloka yang dipusatkan di Waterfront Marina, Kamis (21/7/2022).

Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini wajah Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya Labuan Bajo telah berubah total menjadi semakin cantik. Untuk itu Presiden Joko Widodo menyampaikan dua pesan bagi masyarakat Labuan Bajo.

“Saya titip karena Labuan Bajo sudah semakin cantik dengan wajah baru, tolong urusan kecil-kecil diperhatikan. Pertama, ramah terhadap wisatawan. Kedua jangan buang sampah sembarangan karena Labuan Bajo sudah semakin cantik dan bersih. Setiap bulan kerja bakti bersih-bersih agar kawasan ini terus terpelihara dengan cantik,” kata Presiden Joko Widodo.

Ditambahkan Presiden Joko Widodo saat ini masih ada pekerjaan untuk membangun dan memperlebar jalan agar tujuan akhir seluruh penataan tercapai, yakni kesejahteraan masyarakat NTT khususnya Labuan Bajo.

Penataan Kawasan Waterfront Marina bertujuan untuk menciptakan ruang terbuka dan ruang aktivitas kreatif bagi masyarakat dan wisatawan menikmati keindahan laut Labuan Bajo.

“Kawasan ini bisa dipakai untuk aktivitas seni budaya, performing arts yang akan menarik para wisatawan untuk lebih banyak lagi datang ke Labuan Bajo,” tambah Presiden Joko Widodo.

Kawasan Waterfront Pantai Marina terbagi menjadi lima zona. Zona 1 Bukit Pramuka, Zona 2 Kampung Air, Zona 3 Dermaga, Zona 4 kawasan Pantai Marina (Inaya Bay), Zona 5 Kampung Ujung.

Zona 1-2 dikerjakan pada 28 September 2020 - 21 November 2021 oleh kontraktor PT Wika Gedung dengan anggaran Rp81 miliar. Ruang lingkup pekerjaan Zona 1 meliputi dermaga gertak dan gazebo, menara pandang, promenade Kampung Baru, toilet, dermaga A, SOG Kampung Baru danpower house. Zona 2 meliputi Tangga Bajo 1, dermaga B, promenade Kampung Air, Tangga Bajo 2, Dermaga Pink dan gazebo, toilet, jalan dan saluran.

Zona 3 dan 5 dikerjakan pasa 28 September 2020 - 8 Februari 2022 oleh kontraktor PT Brantas Abipraya dengan anggaran Rp207 miliar. Ruang lingkup pekerjaan Zona 3 meliputi plaza, Tangga Bajo 3, gedung MEP, Tangga Bajo 4, toilet, lahan parkir, Tangga Bajo 5, area hijau, amphitheater, taman air, trestal dan lansekap. Sementara Zona 5 meliputi Kuliner Kampung Ujung, toilet, Promenade Kampung Ujung, Tangga Bajo 6 dan dermaga apung.

Senada dengan Presiden Joko Widodo, Menteri Basuki juga mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan Labuan Bajo. "Tolong kita semua bisa ikut aktif menjaga kebersihan kawasan, karena yang menikmati juga warga disini,” kata Menteri Basuki.

Halaman:

Editor: Bernadus B.M

Tags

Terkini

X