Resensi Buku: Merawat Kebangsaan Berbasis Kearifan Lokal

- Rabu, 1 September 2021 | 17:12 WIB
Buku Merawat Kebangsaan Berbasis Kearifan Lokal (Ransel.id)
Buku Merawat Kebangsaan Berbasis Kearifan Lokal (Ransel.id)

Judul         Buku     : Merawat Kebangsaan Berbasis Kearifan Lokal

Diterbitkan oleh     : ISKA Press, Cetak Pertama Januari 2021

Penulis                    : DPD ISKA dari beberapa wilayah di Indonesia

Kompilator Naskah: Eko Sugiyanto dan Ferlan Pangalia

Editor                      : Alexander Mering

BERBAGAI masalah sosial politik saat ini berkisar di seputar perseteruan akibat penegasan identitas yang berlainan di antara kelompok yang berbeda-beda, sebab konsepsi tentang identitas ini memang mempengaruhi pikiran dan tindakan kita melalui berbagai cara (Amartya Sen, 2006).

Buku “Merawat Kebangsaan Berbasis Kearifan Lokal” ini merupakan buku kumpulan diskusi panjang pada tahun 2018 yang diselenggaran oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) dari beberapa wilayah. Hasil diskusi ini dikumpulkan oleh Eko Sugiyanto dan Ferlian Pangalia dalam sebuah tulisan yang kemudian diedit kembali dengan apik oleh Alexander Mering, seorang alumnus Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXI Lemhannas RI tahun 2020, yang juga pengurus Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA).

Buku yang memuat 13 tulisan dari berbagai daerah ini hendak memotret praktik kearifan lokal yang merupakan salah satu warisan besar para leluhur kita. Praktik tersebut sebagian besar masih bisa ditemukan hingga saat ini.

Misalnya dari daerah Kampung Sawah, daerah perbatasan Jakarta Timur dengan Bekasi ini, dituliskan tentang bagaimana masyarakat daerah itu merawat toleransi di antara sesama penduduknya (hal. 1-14). Betapa tidak, kehidupan toleransi itu sangat penting karena saat ini telah dikotori oleh aksi segelintir orang yang ingin memaksakan kehendaknya untuk hidup dengan satu agama tertentu saja.

Halaman:

Editor: F.H. Atarembong

Tags

Terkini

X